Lomba Sambitan Layang-Layang Meriahkan Festival Kelud

oleh -138 views

Kediri – Masih dalam rangkaian Festival Kelud 2019, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menggelar lomba sambitan layangan. Lomba ini diadakan selama dua hari di area sirkuit motocross wisata Gunung Kelud.

Dalam event yang diadakan untuk kedua kalinya ini, perlombaan dibagi menjadi 2 kategori, yaitu kategori untuk peserta lokal dari wilayah Kabupaten Kediri dan kategori peserta dari luar daerah.

Animo peserta sangat tinggi, terbukti dengan langsung terpenuhinya kuota lomba. Peserta dari wilayah Kab. Kediri tercatat 27 orang, sementara dari luar daerah mencapai 96 orang. Setiap peserta dapat mempertandingkan 2 layangan.

Kabid Pengembangan Pariwisata Zaenal Arifin mengatakan, kegiatan ini digelar untuk melestarikan permainan tradisional khususnya layangan. Selain itu juga mengenalkan destinasi wisata di Kabupaten Kediri, khususnya Gunung Kelud kepada para peserta dari luar daerah.

“Antusiasme lomba sambitan kali ini sangat luar biasa, dengan datangnya peserta dari luar daerah bahkan dari luar Jawa yaitu dari Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu juga ada dari Jawa Barat seperti Kota Bandung dan Sumedang. Sementara untuk wilayah Jawa Timur, dari ujung barat sampai timur turut hadir, seperti dari Situbondo, Bondowoso, Jember, dan lain-lain,” jelas Zaenal.

Dengan lomba sambitan ini, diharapkan dapat menjaring bibit pelayang Kabupaten Kediri yang bisa bertanding keluar daerah. “Selain itu juga bisa memunculkan komunitas-komunitas layangan baru di wilayah Kabupaten Kediri yang kedepanya semakin berkembang lebih banyak lagi,” tambahnya.

Sementera itu Sunyo, salah satu peserta dari Jember mengatakan, event seperti ini bisa menumbuhkan motivasi bagi pelayang-pelayang se-Indonesia dan memunculkan bibit-bibit pelayang muda.

“Ini ajang untuk mempererat tali persaudaraan bagi para pelayang. Acaranya sangat meriah dan berkesan sekali, yang saya rasa belum pernah diselenggarakan di kota-kota lain,” ucap Sunyo. (adv/Kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *