Eks Napi Binaan Bapas Kediri, “Sulap” Sapu Lidi Jadi Piring

oleh -186 views
Eks Napi Belajar Menganyam Lidi Jadi Piring

Kediri – Klien Bapas Klas II Kediri yang tengah menjalani masa re-integrasi pembebasan bersyarat dan cuti bersyarat mendapatkan bimbingan ketrampilan di ruang bimker Balai Pemasyarakatan Klas II Kediri, kamis (21/03). Dalam Kegiatan bimbingan kemandirian ini, Balai pemasyarakatan Kediri bekerjasama dengan guru ketrampilan dari SMP Negeri 1 Poh Jarak Jombang, atas Rekomendasi dari Dinas Sosial Kab. Kediri. Ada dua instruktur yang telah dikirim untuk memberikan ketrampilan pembuatan piring dari lidi secara langsung kepada para klien. Terlihat para klien cukup antusias, dan akhirnya mereka bisa membuat piring lidi dengan cukup rapi.

Kepala Bapas Klas II Kediri Yuyun Nurliana mengatakan dari sekian banyak klien Bapas Kediri kebanyakan masih berusia produktif. Sehingga pihaknya merasa terpanggil untuk memberikan ketrampilan kepada mereka. Diakuinya, bapas memilih pelatihan pembuatan piring lidi karena bahannya cukup murah dan mudah didapat.

“Ketrampilan pembuatan piring lidi ini kelihatannya agak sulit, tetapi jika telaten sebenarnya mudah. Dan pembuatan piring lidi ini bisa dibuat kapan pun sambil santai” Ungkapnya.

Kepala Bapas Kediri Yuyun Nurliana, memberikan semangat kepada para klien saat membuat piring lidi

Lebih lanjut menurut Yuyun sejauh ini bapas telah beberapa kali memberikan pelatihan kepada para klien. Tujuannya adalah untuk menambah wawasan dan keterampilan sehingga mereka bisa mendapatkan income dari hasil produknya nanti. Selain itu, pihaknya juga terus memberikan motivasi dan merubah mind set para klien, sehingga berdaya guna dan berhasil guna.

Untuk diketahui, bimbingan ketrampilan ini diikuti oleh 22 klien yang sebelumnya terjerat beberapa kasus, diantaranya karena narkoba, pelecehan seksual, penggelapan maupun beberapa kasus lainnya. (dw/da)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *