Tiga Tanggul Penahan Air Di Tulungagung Jebol Diterjang Air

oleh -202 views

TULUNGAGUNG – Curah hujan yang sangat lebat di Kabupaten Tulungagung beberapa waktu yang lalu, mengakibatkan tiga tanggul penahan air ambrol.

Adapun tiga tanggul penahan air yang ambrol tersebut di wilayah Waung Kecamatan Boyolangu, tanggul Kedunglele Kecamatan Kalidawir dan tanggul di Desa Banjarejo Kecamatan Rejotangan.

Karna, Kepala Bidang (Kabid) Operasional dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Kawasan Permukiman dan Sumber Daya Air (PU-KPSDA) Kabupaten Tulungagung mengatakan, pihaknya sudah terjun langsung dan melakukan pengecekan ke lapangan bersama Balai Besar Sungai Berantas dan koordinasi dengan pihak desa untuk memperbaiki tanggul yang ambrol tersebut.

“Kami sudah menyiapkan material berupa patok atau bambu penahan air untuk membendung debit air agar tidak meluber ke area persawahan,” ucap Karna, Senin (11/3/2019).

Selain itu, lanjut Karna, Dinas PU-KPSDA Kabupaten Tulungagung juga menyiapkan karung plastik berisikan pasir untuk mengantisipasi loberan air ketika tiba-tiba hujan lebat datang dan masuk ke bahu jalan.

“Pembangunan tanggul yang ambrol akan memakan waktu yang cukup lama, sehingga membutuhkan biaya yang cukup besar,” bebernya.

Untuk mengantisipasi terjadinya tanggul penahan air jebol seperti sekarang ini, Dinas PU- KPSDA Kabupaten Tulungagung akan terus berupaya melakukan normalisasi saluran air di beberapa tanggul untuk membendung debit air hujan yang sewaktu-waktu datang, tandasnya. (gus/fif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *