Wisata Kulinar Lokal Kembali Muncul

oleh -160 views
peluncuran wisata kuliner baru

Kediri – Pemerintah beserta warga Desa Paron berhasil memanfaatkan salah satu potensi desa yaitu Sumber Kembangan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya acara opening Wisata Kuliner Sumber Kembangan yang digelar pada Minggu (03/03). Acara yang dimulai pukul 06.30 WIB tersebut dimeriahkan dengan senam lansia serta aerobic bersama yang diikuti oleh seluruh warga Desa Paron.

Stand kuliner tradisional seperti cenil, klepon, nasi jagung, jenang, sawut, tiwul, soto, penyetan dan lain-lain sudah terlihat berjajar rapi di pinggir sumber. Stand-stand tersebut milik warga perwakilan tiap RT. Harga kuliner yang dijual tidaklah mahal, mulai Rp. 1.500,00 pengunjung sudah dapat membawa pulang salah satu makanan tradisional tersebut.

Pukul 08.30 WIB acara seremonial dibuka oleh Camat Ngasem, Ir. Ary Budianto. Pada sambutannya Camat Ngasem memberikan apresiasi kepada pemerintah serta warga Desa Paron, yang berhasil memanfaatkan Sumber Kembangan untuk tempat wisata.

“Setelah diresmikan wisata kuliner ini, kita harus terus bekerjasama dan menyumbang ide untuk menciptakan event-event lain seperti event tangkap ikan masal dan menambah wahana di lokasi ini, agar Sumber Kembangan selalu ramai dan diketahui masyarakat luas” ujarnya.

Pembukaan wisata kuliner ditandai dengan penyerahan surat perjanjian sewa kepada perwakilan warga yang berjualan di lokasi sumber.Tidak hanya wisata kuliner saja, di lokasi tersebut juga disediakan foto booth yang dapat digunakan para pengunjung untuk mengabadikan foto. Rencana ke depan Sumber Kembangan juga akan ditambah sarana prasarana seperti wahana edukasi bagi anak-anak.

Kasi Perencanaan Desa Paron, Toyib, menyampaikan Akan ada tambahan edukasi untuk anak-anak yang bertujuan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak. Seperti kebun binatang mini, outbon, kolam pancing ikan, dan kolam renang.

Adanya wisata kuliner kali ini dipastikan dapat menambah pendapatan warga Desa Paron. Selain itu, juga diharapkan Sumber Paron ini menjadi sumber segalanya seperti sumber ekonomi, sumber wisata, dan sumber sosial bagi masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan warga Desa Paron. (adv/kominfo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *