Pembangunan Bandara, Dongkrak Perekonomian Kediri

oleh -101 views

Kediri – Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Kediri Solihin menghendaki adanya pengembangan potensi wisata yang lebih kretaif dan inovati, untuk memperkenalkan potensi daerah yang dimiliki ke masyarakat luas. Menurutnya, hal ini perlu segara dilakukan mengingat sebentar lagi Kediri akan memiliki Bandara bertaraf Internasional.

” Dengan adanya keberadaan Bandara ini sektor ekonomi akan meningkat mau tidak mau, terutama yang ada disekitaran Bandara. Nanti Kota dan Kabupaten Kediri akan muncul ke permukaan, baik skala Nasional mau pun Internasional. Nah yang perlu dikembangkan ini apa poteni Kediri kota mau pun kabupaten yang ditonjolkan. ” Paparnya.

Menurutnya untuk pengembangan potensi daerah, dibutuhkan intervensi atau  campur tangan dari semua elemen baik Pemerintah, Kadin mau pun masyarakat yang memiliki pemikiran inovatif untuk pengembangan ekonomi daerah. Ia lantas memberi contoh untuk wilayah Kabupaten Kediri memiliki icon Objek Wisata Simpang Lima Gumul dan Gunung Kelud.

” Itu yang bisa dikembangkan, semakin lama semakin baik dan tertata. Tinggal nanti pengembanganya bagaimana. Karena saya lihat disekitaran Simpang Lima Gumul harusnya masih banyak dibuat Fases Fases yang mendukung. Sementara ini kan hanya begitu saja. Disitu banyak lahan yang bisa dikembangkan untuk Fasilitas umum mungkin Hotel, Mall dan Rumah juga sudah ada. Sehingga pengerucutan orang yang datang disana lebih banyak. Sementara ini banyak orang yang datang untuk beroalah raga pada minggu pagi. Simpang Lima Gumul harus dikembangkan sesuai koridor Ekonomi.  ” Timpal Pria yang kini ikut berkompetisi dalam pencalegan DPR Provinsi Jawa Timur tersebut.

Sementara itu  sisi lain, ia menilah Pemerintah Kota Kediri sudah melakukan upaya pengembangan potensi yang dimiliki, meski tidak memiliki lokasi objek wisata seperti halnya Kabupaten Kediri.  Solihin memberi contoh, jika sekarang ini Pemerintah Kota Kediri terus berinovatif dengan membuat lokai Pariwista buatan.

” Ini adalah prestasi membuat Pariwisata yang baru. Ada taman brantas, Taman Joyo boyo dan lain lainya. Itu sudah luar biasa. Dan setiap desa desa udah ada itu. Termasuk dilingkungan situ bagaimana pengembangan ekonomi. Tidak bisa dipungkiri Kota Kediri tingkat pertumbuhan Ekonomi sudah bagus, inflansi juga  terkendali termasuk kami masuk dalam Tim TPID. ” Terangnya.

Disamping itu, Kadin juga turut berperan dalam peningktan UMKM di Kota Kediri, melalui sejumlah program seperti halnya Kadin Awards. (pen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *