Ini Dia Bedanya Tahu Lain Dengan Tahu Takwa Kediri

oleh -1.377 views
tahu takwa kediri

Kediri – Kalau berkunjung ke kota Kediri, Jawa Timur jangan lupa beli oleh-oleh tahu takwa yaa..
Tahu takwa adalah sebutan tahu kuning yang jadi salah satu makanan khas kota Kediri, Jawa Timur.
Pasti pada pengen tau kan kenapa tahu kuning ini disebut tahu takwa ?..
Ternyata takwa itu diambil dari bahasa Cina, artinya aroma. Sejak dulu sampai sekarang tetap digunakan,  karena itu yang membedakan tahu produksi Kediri dengan yang lain.
Dari kata takwa yang berati aroma, konsumen akan diarahkan menggunakan indera penciumannya dalam melihat kualitas tahu khas Kota Kediri. Aromanya bisa dicium dan itu khas sekali. Gurih sebelum dirasakan di lidah.
Tahu Takwa dijadikan salah satu oleh-oleh khas dari Kediri. Tahu ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut kalau di makan. Bentuknya kotak segi empat. Rasanya gurih dan tidak ada rasa asam sama sekali. Kalau di goreng, bagian luar kering renyah namun tetap lembut di bagian dalamnya.

Warna kuning pada tahu menggunakan pewarna alami yang berasal dari kunyit, lho. Jadi aman dikonsumsi.. Pada saat tahu putih sudah di bentuk barulah direbus dalam larutan kunyit dan garam. Sehingga tanpa di goreng pun tahu takwa sudah bisa dimakan, karena proses perebusannya membuat tahu ini matang. Jadi langsung dimakan tanpa digorengpun tetap maknyuuusss…. 😀

Oya bila ingin beli tahu kuning ini silakan datang di sentra pusat oleh-oleh di Jl.Yos Sudarso & Jl.Pattimura Kediri.
Harganya juga tak mahal kok, hanya berkisar antara Rp 2.000 tiap bijinya. Biasanya makanan yang terbuat dari kedelai itu dikemas dengan wadah yang terbuat dari anyaman bambu, atau disebut besek oleh warga Kediri.

Yuukk maree..berkunjung ke Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *